Ekonomi

Tahun 2030, Hilirisasi Industri Indonesia Bakal Mendunia

BETVNEWS – Dalam pemaparan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ke ratusan wartawan Disway National Network, Senin (10/12/2022) bahwa hilirisasi industri Indonesia di Tahun 2030 mendatang Bakal Mendunia.

Dalam pemaparan Luhut dua orang stafnya bahwasannya hilirisasi industri membawa perubahan besar bagi Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat.

Bahkan, di Tahun 2030 mendatang estimasi dampak hilirisasi industri terhadap GDP per Capita Indonesia dalam satu Dekade ke depan mencapai 9.980 dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 5,8%.

Angka tersebut dapat tercapai dengan dibangunnya beberapa pabrik industri  di berbagai daerah Indonesia secara merata. Bahkan pabrik –pabrik nikel, baja serta logam dibuat menjadi barang jadi sudah dibangun di beberapa daerah seperti Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

“untuk mempercepat angka hiliriasi ini kita sudah bangun beberapa pabrik industri di beberapa daerah yakni di Sulawesi Tengah dan Maluku Utara ,” kata Binsar Pandjaitan.

Luhut pun menegaskan hilirisasi ini menitik beratkan kepada industri berbasis digitalisasi sehingga barang mentah diolah menjadi barang jadi seperti baterai mobil listrik dan beberapa produksi turunan lainnya yang bernilai mahal jika diekspor.

Ada tiga rencana ke depan dalam hilirisasi Industri Indonesia yakni ;

  1. Membangun basis industri berniali tambah tinggi untuk mendukung  digitalisasi ekonomi yang semakin pesat dan tren green economy. Industri tersebut antara lain semikonduktur/chip dan ekosistemnya, EV serta software engeneering.
  2. Mengalokasikan sumber energi rendah emisi (green) untuk industri-industri bernilai tambah tinggi.
  3. Membentuk talent pool berkualitas melalui program penjaringan lulusan S1 jurusan teknik dan sains untuk kemudian diarahkan bekerja pada perusahaan – perusahaan kelas dunia di bidang teknologi.

“anak-anak muda inilah yang nantinya dapat mencapai angka hilirisasi industri berbasis digitalisasi di tahun 2030 mendatang,” ucap Luhut Binsar Pandjaitan saat hendak menutup pemaparan melalui zoom meeting di hadapan Dahlan Iskan.

(AB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *