Bengkulu tengah

Tanpa Bantuan Pemerintah, Limbah Batu Bara Sungai Akhirnya Bisa Dijual

BETVNEWS,- Ratusan ton tumpukan batu bara di sepanjang Desa Sukarami dan 3 Kecamatan lainnya mulai melakukan pengarungan  limbah batu bara yang selama ini menggunung. Pengarungan ini dilakukan lantaran sudah ditemukan solusi atas penjualan limbah batu bara tersebut.

Diketahui untuk penjualan limbah batu bara sungai ini, akan dijual ke pulau Kalimantan melalui seorang pengusaha yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Nantinya, semua batu bara tersebut,  akan diangkut melalui jalur laut  dengan harga jual Rp 400 perkilo.

Sementara itu, penjualan batu bara sungai ini tanpa campur tangan pemerintah. Namun inisiatif dari pihak pengepul sendiri yang mencari pembeli. Bahkan hingga saat ini, pihak pemerintah masih tetap bersikukuh pada aturan dan tidak memberikan solusi.

“Kami merasa senang bisa dijualnya batu bata ini, karena sudah 6 bulan terakhir kami belum bisa membayar utang ke warga yang mengumpulkan batu bara sungai dan sampai saat ini pemerintah tidak memberikan solusi atas penjualan batu bara ini,” ujar Distributor batu bara sungai, Abas.

Disisi lain,  bagi warga pengumpul batu bara, mengharapkan limbah batu bara sungai ini bisa dijual secara berkelanjutan agar masyarakat dapat melangsungkan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Batu bara bisa dijual dan dapur kami dapat mengepul kembali,” ujar Pengumpul batu bara, Surahman (Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *