Kota Bengkulu

Timbangan Pedagang Pasar Panorama Ditera Ulang

BETVNEWS,- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu Kamis (13/12) siang melakukan sidang tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya di Pasar Panorama Kota Bengkulu.

Tim dari UPTD Metrologi Legal Disperindag Kota Bengkulu mengecek langsung ratusan timbangan yang digunakan pedagang untuk jual beli. Pengecekan yang dilakukan meliputi timbangan biasa hingga timbangan emas, dan timbangan yang sudah dicek langsung diberikan segel penanda bahwa timbangan telah ditera ulang.

Kepala Disperindag Kota Bengkulu Dewi Dharma mengatakan tera ulang yang dilakukan ini guna menjalankan UU No 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan UU 2 Tahun 1981 tentang tera ulang.

“Ini dilakukan guna melindungi para konsumen dari tindakan curang pedagang yang dicurigai curang dalam hal timbangan,” ujar Dewi.

Dalam tera ulang ini, sejumlah timbangan pun ditemukan sudah tidak stabil karena usia timbangan yang sudah tua, akibatnya tim dari Disperindag pun terpaksa menservice ulang timbangan tersebut.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *