Kepahiang, Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas, Pengelola BUMDes Ikuti Pelatihan SIA BUMDes

BETVNEWS,- Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar pelatihan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi Badan Usaha Milik Desa (SIA BUMDes) pada senin (23/7) pagi. Acara yang akan digelar selama tiga hari ini diikuti oleh ratusan perwakilan pengurus BUMDes se-Kabupaten Kepahiang. Hadir pula dalam kegiatan ini Camat, Bupati dan Kepala BPKP Provinsi Bengkulu.

Kepala BPKP Provinsi Bengkulu, Bram Brahmana menyampaikan bahwa BUMDes harus dikelola oleh pengelola sendiri dan tidak boleh diintervensi oleh pemilik modal termasuk kepala desa. BUMDes harus melihat potensi-potensi yang ada di lingkungan desa. Terutama sektor pariwisata, karena hal ini yang paling mudah dijual dan dapat menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

SIA BUMDes merupakan sistem informasi yang dikembangkan oleh BPKP provinsi bengkulu yang akan mempermudah para pengelola BUMDes untuk mengelola keuangan secara transparan. Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang dikucurkan ke desa-desa bertujuan untuk mempercepat pembangunan yang dilakukan dari desa. Kemudian dikelola sendiri oleh desa yang notabene memahami persis bagaimana kondisi desa dan bagaimana mengembangkannya.

“DD berpotensi besar untuk diselewengkan. Namun dengan sistem yang baik dan didukung komitmen dari semua pihak, hal tersebut dapat diminimalkan,” ujarnya.

Untuk itu, pada saat pelaporan Dana Desa ditemukan kendala, maka perangkat desa disarankan untuk berkonsultasi dengan pihak inspektorat. Sehingga pengawasan peggunaan DD dapat lebih baik.

Sementara itu, Bupati Kepahiang, Hidayatullah Sjahid menyampaikan pelatihan SIA BUMDesa bertujuan untuk melakukan transparansi dalam pengelolaan BUMDes. Sebab BUMDes bermodal dari Dana Desa yang diturunkan oleh pemerintah.

“Tata kelola dana desa harus ditingkatkan, terutama untuk BUMDes. Majunya BUMDea nantinya akan berpengaruh positif bagi kemajuan desa itu sendiri,” ungkapnya.¬† (def).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *