Bengkulu Utara

Umat Hindu Bengkulu Utara, Rayakan Hari Raya Galungan

BETVNEWS,- Ribuan umat Hindu Bengkulu Utara merayakan Hari raya Galungan di Pura Dharma Yatra pada rabu (26/22) pagi.  Hari raya ini diperingati setiap 210 hari atau 6 bulan menurut kalender Bali.

Sebelum menuju Pura Dharma Yatra, ribuan umat Hindu ini di pagi harinya telah melakukan upacara sembahyang dirumah masing masing, setelah itu baru membawa sajen untuk dipersembahkan ke Pura Dharma Yatra.

Hari Raya Galungan merupakan hari kemenangan Dharma melawan Adharma, yang diartikan kebaikan selalu akan menang melawan tidak kebaikan.

Ketua adat Bali, Gede Rumania menyampaikan bahwa selain hari raya Galungan akan juga ada hari raya kuningan yang jaraknya 10 hari. Dengan adanya perayaan hari raya Galungan di harapkan semoga selalu menjaga suasana keakraban, kekerabatan, kekeluargaan sehingga terciptanya moksa abta jagad ikta atidarma yang merupakan tujuan hari raya galungan.

“Semoga dengan hari raya galungan ini tercipta moksa abta jagad ikta atidarma, yang merupakan tujuan dari hari raya galungan itu sendiri.tutupnya.

(Doni Andaresta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *