Seluma

1.150 Rumah Akan Dibedah

Erlan Suadi, Kepala Dinas Perkim Seluma.

BETVNEWS, – Sebanyak 1.150 rumah yang tersebar dibeberapa desa Kabupaten Seluma, pada tahun ini akan dibedah melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS). Dimana nantinya akan disalurkan melalui tiga tahapan, dimana untuk tahap pertama saat ini sudah akan dilaksanakan pembangunan.

“Untuk tahap pertama ini ada 140 rumah, itu terdiri dari 14 desa. Diantaranya desa Babatan, desa Talang Tinggi, desa Talang Panjang, desa Padang Cekur, desa Taba, desa Lubuk Lagan dan beberapa desa lainnya, ini merupakan program BSPS dari aspirasi anggota DPR-RI,” ungkap Erlan Suadi Kepala Dinas Perkim Seluma, Kamis (09/06).

Selanjutnya pada tahap kedua sebanyak 260 rumah yang akan dibedah, terdiri dari empat desa berbeda. Diantaranya desa Selingsingan, desa talang Beringin, desa Cawang, dan desa Dusun Tengah.

“Saat ini tahap kedua dalam proses verifikasi oleh petugas, sehingga tinggal menunggu verifikasi fasilitator,” imbuhnya.

Selanjutnya pad tahap ketiga terdapat 750 rumah, yang juga akan segera dibedah melalui program BSPS. Dimana nantinya akan tersebar di 20 desa, diantaranya desa Lubuk Resam, desa Sinar Pagi, desa Padang Capo, desa Suban, desa Pagar Banyu dan lainnya.

“Tahap ketiga juga masih dalam proses verifikasi,” tambahnya.

Berbeda dengan tahap pertama, untuk BSPS tahap kedua merupakan program pengentasan kemiskinan ekstrim. Dimana dalam program ini juga melibatkan bidang cipta karya.

“Karena ini program pengentasan kemiskinan ekstrim, selain akan melakukan pengentasan rumah tidak layak huni, juga akan melakukan pembangunan air bersih, sistem sanitasi. Saat ini kita tinggal menunggu hasil dari fasilitator dan satker guna untuk menyetujui proses pembangunan fisik,” demikian tutupnya.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *