Kesehatan, Lebong

120 Warga Daftar Operasi Katarak

Rachman, kepala dinas kesehatan kabupaten Lebong

BETVNEWS – Sebanyak 120 masyarakat telah mendaftar untuk mengikuti operasi Katarak yang nantinya akan dilaksanakan di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Lebong. Kegiatan sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong yang bersama dengan Dinkes Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong Rachman, SKM, M.Si mengatakan bahwa dalam pelaksanaan operasi katarak, pihaknya diminta oleh Dinkes Provinsi Bengkulu untuk menyiapkan pasien yang akan mengikuti operasi.

“Jumlah tersebut melampaui dari jumlah minimal sebanyak 100 orang yang diminta,” jelasnya.

Dimana saat ini dari 120 orang warga yang telah mendaftar, sebanyak 115 data pendaftar telah disampaikan ke Dinkes Provinsi, sementara 5 orang lagi yang baru mendaftar akan segera menyusul.

“Pembukaan pendaftaran akan kita terima hingga akhir bulan Oktober mendatang, karena pelaksanaannya akan dilakukan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HPN), ” tambahnya.

Akan tetapi, dalam mengikuti operasi katarak, dirinya tidak menjamin seluruh pendaftar semuanya bisa dioperasi. Memang pada pendaftaran pertama di masing-masing puskesmas semuanya diterima. Namun pada saat pelaksanaan operasi, tim dokter kembali akan melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Karena banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa dilakukan operasi,” ujarnya.

Diantaranya akan dilihat apakah katarak sudah memang harus dioperasi atau belum, serta apakah bisa dilakukan operasi pada saat pelaksanaan, karena jika nantinya diketahui telah katarak total maka pasien akan dikirim atau diarahkan ke RS lain. Termasuk pemeriksaan kadar gula darah, tekanan darah serta pemeriksaan lainnya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, maka akan ditentukan apakah pasien bisa langsung dioperasi atau tidak pada saat pelaksanaan. Jika tidak maka operasi akan ditunda setelah syarat operasi bisa dipenuhi, ” demikian Rachman.

(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *