Kepahiang

2022, Distan Dapat Alokasi TP Mandiri Khusus Hortikultura

BETVNWES – Kepala Dinas Pertanian Hernawan, S.PKP menyebutkan bahwa pihaknya mendapat suport bantuan dari Pemerintah Pusat untuk mengembangkan program pertanian bagi masyarakat.

Tahun 2022 ini, pihaknya dipercaya untuk mendapat tugas pembantuan secara mandiri khusus bidang hortikultura, yakni komoditas jeruk 30 Ha, alpukat 30 Ha, kelengkeng 20 Ha, cabai 40 Ha, jahe 20 Ha, bawang merah 20 Ha dan bawang putih 30 Ha.

Tak hanya itu, Dinas Pertanian juga mendapatkan penghargaan pengelolaan keuangan Tp mandiri Tahun 2021, dari penghargaan tersebut Kabupaten Kepahiang masih dianggarkan untuk mendapatkan Tp mandiri dari Kementerian Pertanian khusus bidang hortikultura. Artinya, dari berbagai benih sayuran dan buah-buahan  dialokasikan oleh pemerintah pusat melalui APBN.

“tahun ini Kabupaten Kepahiang tetap dianggarkan untuk dapat bantuan ini. Namun, rincian alokasi anggarannya kita masih menunggu DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dari Kementerian Pertanian,” ungkap Hernawan.

Dijelaskan Hernawan, Kementerian Pertanian menyarankan agar dibuatnya kawasan khusus hortikultura seperti kawasan cabai, kawasan bawang dan jahe. Dan pihkanya telah menyiapkan kawasan tersebut seluas 15 Ha.

“Kami berencana mengundang Menteri Pertanian untuk dapat hadir di Kabupaten Kepahiang, setelah nanti disiapkan kawasan cabai, bawang dan jahe. Ini untuk membuktikan semua bantuan dari pemerintah pusat dapat dikembangkan dengan baik disini,” ujar Hernawan.

Sementara itu untuk sektor perkebunan, pihaknya mengusulkan beragam bantuan pada Kementerian Pertanian melalui Dirjen Perkebunan. Namun, mengenai dana alokasi khusus (DAK) pada tahun 2022 diusulkan untuk pembangunan jalan usaha tani, UPPO, sumur bor dan irigasi.

(Hendri Suwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *