Muko-muko, Pemerintahan

Akhir Tahun, Auning Pasar Koto Jaya Ditargetkan Bisa Ditempati

BETVNEWS.- Proyek pembangunan 50 auning yang bersumber dari dana Tugas Perbantuan (TP) untuk para pedagang Pasar Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko (MM), sudah mencapai 70 persen. Diperkirakan proyek ini akan selesai pada pertengahan Oktober 2018 dengan menguras anggaran sebesar Rp. 500 Juta.

Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Kabupaten Mukomuko, Nurdiana, mengatakan pencapaian progres pembangunan fisik auning ini merupakan hasil monitoring yang dilakukan tim Disperindag-UKM.

“Kita sudah meninjau ke lokasi pembangunan auning untuk monev progres pembangunan auning tersebut dan dari hasil monev sampai sekarang progres pembangunannya sudah mencapai 70 persen,” ungkap Nurdiana

Menurutnya, akhir tahun ini, para pedagang ditargetkan sudah bisa menggunakan auning tersebut.

“Kita khususkan auning ini untuk para pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM) Kuliner untuk jual minuman jus, makanan lontong, lotek , buah-buahan dan lainnya,”  terangnya.

Nurdiana menjelaskan, dengan adanya auning di Pasar Koto Jaya ini, menjadi cikal bakal pasar harian.

“Kita akan anjurkan ke para pedagang agar buka setiap hari, kalau keberadaan auning ini nanti ramai siang ataupun malam kita yakin akan ada dampak positif yakni dengan bukanya ruko-ruko yang ada di belakang auning otomatis akan menjadi ramai karena Pasar Koto Jaya ini cikal bakal pasar harian,” imbuhnya.

Terkait pemanfaatan auning oleh pedagang, Nurdiana menegaskan status auning tersebut disewakan dengan tarif sewa tahunan sama dengan kios-kios tertutup. Jadi kan ada retribusi yang masuk ke Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang akan dikelola oleh Disperindag.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *