Kepahiang

Awas! Sapi Terserang PMK Terdeteksi di Kepahiang

Petugas pada saat melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak.

BETVNEWS, – Berdasarkan hasil yang disampaikan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, bahwa terdapat Sapi di desa Tangsi Baru Kabupaten Kepahiang terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), masyarakat terutama peternak sapi harus lebih waspada.

Menurut Razikin Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kepahiang, bahwa setelah adanya hasil Laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, bahwa PMK sudah terdeteksi di Kabupaten Kepahiang.

“Dari hasil pengujian sampel dari BVet Lampung, yang diambil oleh UPTD Laboratorium dan Klinik Hewan Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu di Kabupaten Kepahiang, di desa Tangsi Baru terdapat hewan ternak berjenis sapi yang dinyatakan Positif PMK,” jelasnya, Rabu (15/06).

Masuknya PMK tersebut ke Kabupaten Kepahiang, diduga lantaran adanya hewan ternak dari Kabupaten Merasi Sumatera Selatan.

“Penularan terjadi akibat adanya kambing yang masuk dari Kabupaten Merasi Sumsel, untuk itu diharapkan agar masyarakat bisa bersama-sama menjaga penyebaran penyakit tersebut, dan segera melaporkan jik ada hewan ternak yang terindikasi,” tutupnya.

(Hendri Suwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *