Lebong, Pemerintahan

Desa Diharapkan Berinovasi Memanfaatkan Dana Desa

BETVNEWS,- Dalam pemanfaatan Dana Desa (DD), setiap Pemerintah Desa (Pemdes) dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola potensi yang ada. Sejuah ini di Kabupaten Lebong, baru dua Desa yang sudah menjalankan Program Inovasi Desa (PID). Yaitu desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan yang membuat tahu dari bahan baku susu sapi. Serta desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara yang membuat mesin pemutar dodol.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas PMDS, Eko Budi Santoso, SP, M.Eng menjelaskan PID bisa mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di setiap Desa untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.

“Tergantung dengan potensi desa masing-masing. Namun dalam hal ini, inovasi yang akan dilakukan harus disepakati bersama antara Kepala Desa dengan BPD terlebih dahulu, ” jelas Eko.

Lebih jauh diungkapkannya, PID sebenarnya lebih menjuru ke teknologi tepat guna. Hal itu menyebabkan pendampingan ke Desa dalam berinovasi sedikit terkendala. Pasalnya sejauh ini belum ada Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang didirikan.

“Jadi Posyantek inilah yang akan mewadahi setiap inovasi desa. Dengan adanya inovasi disetiap desa diharapkan bisa menciptakan desa yang mandiri yang muaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” demikian Eko.(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *