Daerah, Lebong

Pembangunan Aula Dinkes Sebabkan Penyerapan DID Rendah 

BETVNEWS – Hingga tanggal 31 Desember lalu, Penyerapan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Lebong baru mencapai 87,27 persen atau sebesar Rp 25 miliar dari total anggaran Rp 28,65 miliar. Belum optimalnya penyerapan anggaran tersebut disebabkan adanya beberapa paket kegiatan yang belum dapat diselesaikan tepat waktu. Salah satunya pembangunan Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong yang hingga saat ini masih dikerjakan oleh CV ARUL NASALINDO PUTRA.

Diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Lebong, Rachman, SKM dari beberapa paket pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari DID 2021 hampir semua selesai dikerjakan. Namun ada satu paket pekerjaan yang sampai saat ini belum selesai dengan progres pekerjaan sekitar 60 persen.

“Untuk pekerjaan aula ini saat ini masih dilanjutkan atau diperpanjang dengan dikenakan denda 1 permil. Kita terus menegaskan ke pihak rekanan untuk segera menyelesaikan pekerjaan,” jelas Rachman.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong, Erik Rosadi, S.STP, M.Si menjelaskan untuk penyaluran DID Tahun 2021 sudah masuk 100 persen ke Kas Daerah (Kasda) Pemkab Lebong. Namun setelah adanya refocussing DID ada sekitar 30 persen untuk bidang kesehatan yang digunakan untuk penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan termasuk pembangunan aula Dinkes.

“Dari segi penyerapan yang sudah terealisasi secara global memang ada paket yang belum selesai. Ini dilihat dari dana bidang kesehatan yang dialokasikan sekitar Rp 8,95 miliar dari total DID penyerapannya belum mencapai 100 persen,” ungkap Erik.

(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *