Muko-muko

Pengelolaan Wisata Pantai Mukomuko Terkendala Status

Winarto, Kepala dinas pariwisata pemuda dan olah raga kabupaten Mukomuko

BETVNEWS – Letak geografis kabupaten Mukomuko yang merupakan daerah pesisir, membuatnya banyak lokasi wisata berupa pantai. Namun sayangnya hingga saat ini lokasi wisata pantai yang ada belum bisa dikelola secara serius oleh pemerintah daerah dikarenakan status cagar alam yang masih melekat dengan wisata pantai tersebut.

Di wilayah dalam kota Mukomuko saja paling tidak ada 4 lokasi yang dijadikan objek wisata pantai yang sering dikunjungi masyarakat kabupaten mukomuko maupun wisatawan luar daerah, namun untuk pengelolaan tempat wisata tersebut masih tampak seadanya.

Kepala dinas pariwisata pemuda dan olah raga kabupaten Mukomuko, Winarto mengungkapkan belum dikelolanya dengan baik wisata pantai yang ada khususnya dalam kecamatan kota Mukomuko dikarenakan merupakan kawasan cagara alam yang tidak boleh dialih fungsikan menjadi tempat wisata.

“Untuk pengelolaan objek wisata pantai kita yang saat ini belum dikelola dengan baik, sebenarnya kita masih terkendala oleh status lokasi terebut yang merupakan cagar alam dan tidak bisa dikelola menjadi objek wisata permanen,” jelas Winarto.

Ditambahkannya hingga saat ini pihaknya telah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat untuk merubah status cagar alam yang disematkan pada lokasi wisata pantai yang ada dalam Kota Mukomuko ini agar wilayah tersebut bisa dikelola dengan baik agar bisa menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan wisata pantai yang ada.

“Kita sudah mencoba untuk mengajukan permohonan merubah status cagar alam tersebut dengan harapan tempat wisata ini bisa dikelola dengan lebih baik lagi. Sehingga bisa menjadi destinasi wisata untuk wisatawan lokal maupaun dari luar,” tutup Winarto.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *