Kota Bengkulu, Pemerintahan

Rawan Bencana, Bengkulu Didaulat Tuan Rumah PP18

BETVNEWS – Final Planning Conference Pacific Partnership 2018 (FPC PP18) di San Diego Caifornia USA, digelar sejak 16 hingga 19 Januari 2018. Acara ini diikuti oleh 17 Negara (Amerika, Australia, Perancis, Jepang, Peru, Inggris, Filipina, Vietnam, Thailand, Sri Lanka, Palau, Malaysia, Indonesia, Yap, Jepang, Federasi Mikronesia, Korsel). Menariknya salah satu dari 5 Delegasi Indonesia adalah Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Aguz Izuddin.

Delegasi Indonesia diwakili oleh 5 personil, diantaranya Letkol Laut (K) Nurrobi (RSAL. Mintoharjo), Letkol Laut (K) Ayu Chandra (Puskes TNI), Letkol Laut (P) Agus Izudin (Danlanal Bengkulu), Mayor Laut (P) Iwan Ependi (Mabes TNI), Ely (Office Of Defense Cooperation/ODC).

Rapat kesiapan terakhir dilaksanakan di atas Kapal Perang USA yaitu USNS. MERCY. Dalam momen ini pula, Provinsi Bengkulu dipilih dan ditunjuk sebagai daerah latihan sekaligus tuan rumah pelaksanaan PP18 di Indonesia, dengan pertimbangan Bengkulu sebagai salah satu daerah yang sangat rawan bencana.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Mabes TNI dengan United States Command Pacific Fleet (US.COMPACFLT) dalam rangka meningkatkan kapabilitas dan interoperabilitas Sipil-Militer dalam penanggulangan bencana dan bantuan kemanusiaan, serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat setempat dalam menghadapi bencana.

“Kegiatan ini perlu mendapatkan perhatian dan dukungan dari semua stakeholder yang ada di provinsi Bengkulu, Pemda, TNI dan Polri dalam rangka meningkatkan kapasitas dan interoperabilitas Sipil-Militer dalam penanggulangan bencana, serta membantu sarana dan prasarana dalam mendukung pacipic partnership serta meningkatkan kerjasama antara indonesia (TNI) dengan USA (Uspacflt)” ujar Danlanal Bengkulu.

Kegiatan ini nantinya akan dihadirin 600 personil US NAVY untuk menggelar Berbagai kegiatan, diantaranya :

  1. Bakti sosial
  2. Penyuluhan kesehatan di Puskesmas Lempuing, Sukamerindu dan Kampung Melayu
  3. Operasi bedah katarak dan khitanan di RS M. Yunus, RS DKT, dan RS USNS Mercy
  4. Seminar kesehatan dan penanggulangan bencana
  5. Pembangunan ruang kelas
  6. Pembangunan balai desa
  7. Pembangunan selter
  8. Kegiatan olahraga bersama dan penanaman bakau serta bersih bersih pantai
  9. Pentas band US NAVY
  10. On Bound di atas USSN Mercy (Kapal rumah sakit US NAVY)

(Oki)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *