Rejang Lebong

Sempat Terbengkalai, Pesantren Al hijaz Akhirnya diresmikan

BETVNEWS,- Sempat Terbengkalai dan tertunda Pembangunannya.  Ditahun ini, Akhirnya Pesantren Al Hijaz selesai dan diresmikan Bupati Bupati Rejang Lebong, H. Hijazi pada kamis (15/3) Siang.

Sebelumnya, peletakkan Pondok Pesantren ini telah dilakukan oleh Gus Solah dari Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur pada tahun 2000 lalu. Namun, Pembangunannya sempat terhenti dikarenakan Hijazi kalah pada Pilkada dan Suherman, Bupati terpilih selanjutnya, tidak menerusi pembangunan. Padahal area seluas 10 hektar di daerah Air Kati, Kecamatan Padang Ulak Tanding ini di siapkan oleh Pemkab Rejang Lebong untuk pembangunan pondok pesantren.

Sementara itu, dalam pembukaan ini dihadiri langsung oleh KH. Abdul Hakiem Mahfudz, Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Wakil Bupati Iqbal Bastari, Sekda dan seluruh kepala OPD dan Camat seKabupaten Rejang Lebong.

Dalam kata sambutannya, Bupati RL, Hijazi menyampaikan agar lima kecamatan di daerah Lembak  mengutus 2 orang yaitu putra dan putri dari setiap desanya untuk  menjadi santri di pondok pesantren ini. Calon santri di utamakan berasal dari keluarga yang tidak mampu dan yatim piatu.

“Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Padang Ulak Tanding dan Binduriang. Jadi lime kecamatan kak, tolong nganuntut cik o k o nak masuk pesantrek lanang nga betine bedue sesuai umur ne, jangan baru tamat ndak SMA nga masuk gek” ujar Hijazi dalam sambutannya berbahasa rejang.

Kedepan, dengan nama yang sama Pemerintah Kabupaten ini berencana akan mendirikan Pesantren lainnya di kecamatan Bermani Ulu Raya.  (DAMAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *