Bengkulu tengah, Pendidikan

Sidak UN SMP, Dewan Minta Pemda Anggarkan Pengadaan Komputer

Wabup dan Komisi I DPRD Benteng Sidak UNBK

BETVNEWS – Senin pagi (23/04) anggota komisi I DPRD Bengkulu Tengah bersama Wakil Bupati Bengkulu Tengah Septy Periyadi, menggelar sidak pelaksanaan Ujian Nasional di dua sekolah, yakni SMP Negeri 3 Kembang Seri yang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan SMP Negeri 5 Karang Tinggi yang menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Dari sidak ini, keluhan demi keluhan disampaikan pihak sekolah terhadap sarana prasarana sekolah terutama dalam menghadapi ujian nasional. SMPN 3 Kembang Seri misalnya yang masih kekurangan komputer untuk UNBK. Dengan jumlah siswa peserta UN 157 orang, namun komputer yang tersedia hanya 57 unit sehingga terpaksa ujian dibagi menjadi 3 sesi. Sementara untuk SMPN 5 Karang Tinggi, terpaksa hanya bisa menggelar UNKP lantaran tidak memiliki peralatan sama sekali.

Menanggapi keluhan tersebut, anggota komisi I DPRD Benteng Evi Susanti, meminta pemerintah daerah melalui dinas pendidikan pemuda dan olahraga, untuk menganggarkan pembelian peralatan komputer di tahun anggaran 2019 mendatang, sehingga setidaknya sebagian sekolah tingkat SMP dapat menggelar UNBK.

“Kita meminta agar dinas terkait menyusun anggaran untuk pengadaan komputer bagi sekolah tingkat SMP yang sudah sanggup mengelar UNBK.” ujar Evi Susanti.

Adapun Jumlah peserta ujian nasional tingkat SMP sederajat di Benteng tahun ini berjumlah 2.067 peserta, yang berasal dari 47 SMP dan MTs. Dari jumlah sekolah tersebut, hanya 6 SMP dan 5 MTs yang menyelenggarakan UNBK. Sedangkan 30 SMP dan 6 MTs lainnya masih melaksanakan ujian dengan sistem UNKP.

“Dari peninjauan kita tadi, ada beberapa hal yang memang kita akan evaluasi ke depan. Mulai dari perangkat Komputer, Jaringan Internet, hingga persoalan Listrik.” terang Wakil Bupati Septy Peryadi.

(Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *